Filled Under:

Kata Mutiara - Wejangan dari Para Sufi

wejangan
Wejangan-Wejangan dari Para Sufi
Apa yang sudah ditetapkan dengan teladan tidak akan dibongkar dalam semalam, karena kepastian dan keseragaman adalah capaian-capaian yang tidak mudah dikorbankan.

Ingatlah bahwa apa yang benar tidak selalu populer dan apa yang populer tidak selalu benar. Mata bisa melihat dengan jelas, namun hanya hati yang bisa melihat kejujuran.

Berikut ini beberapa wejangan-wejangan dari para sufi yang sangat inspiratif.

1. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang pertama.

Bagi orang berilmu yang ingin meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat, maka kuncinya hendakalah ia mengamalkan ilmunya kepada orang-orang. (Syaikh Abdul Qodir Jailani).

2. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang kedua.

Siapa yang pada hari ini hanya memikirkan dirinya sendiri maka pada esok iapun akan memikirkan dirinya saja. Lebih dari itu, siapa yang pada hari ini memikirkan Allah maka besok ia akan selalu memikirkan Allah pula. (Abu Sulaiman).

3. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang ketiga.

Bekerjalah untuk keperluan makanmu. Sedang yang paling baik bagi kamu yaitu bangun di tengah malam dan berpuasa di siang hari. (Ibrahim bin Adham).

4. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang keempat.

Setiap kamu adalah pemimpin, yaitu : Pemimpin terhadap diri dan keluarganya, pemimpin terhadap masyarakat dan bangsanya.( Mousthafaal-Gholayaini).

5. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang kelima.

Memerintah atau mengawasi diri sendiri jauh lebih sulit dan lebih baik dari pada memerintah dan mengawasi sesuatu negeri. (Ibrahim bin Adham).

6. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang keenam.

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. (Imam An Nawawi)

7. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang ketujuh.

Ketahuilah olehmu, sesungguhnya akal hanya merupakan sesuatu alat untuk mencapai segala sesuatu yang hanya berhubungan dengan hamba atau manusia, bukan untuk mencapai Allah. (Ibnu Atha)

8. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang kedelapan.

Allah telah memberikan petunjuk kepadaku sehinga aku bisa mengenali diriku sendiri dengan segala kelemahan dan kehinaanku. (Ali Bin Abu Thalib).

9. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang kesembilan.

Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku.(Umar bin Khattab)

10. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang kesepuluh.

Belajarlah membaca tanda-tanda kebesarann-Nya, dengan tidak selalu berburuk sangka atas apapun yang ada. Karena apapun yang tampak dan ada itu adalah Firman-Nya yang tersirat. (Iman Zenit)

11. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang kesebelas.

Jika ada musuh yang bisa mendekatkan kamu kepada Allah, maka hal itu lebih baik dari pada teman akrab yang menjauhkan kamu dari Allah. (Abul Hasan as-Sadzili).

12. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang keduabelas.

Setiap manusia mempunyai orang yang dicintai dan yang dibenci. Tapi bagimu, jika ada maka berkumpullah kamu dengan orang-orang yang bertaqwa. (Imam SyafiĆ­).

13. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang ketigabelas.

Janganlah kau tuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu, tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena engkau telah menunda adabmu kepada Allah. (Syeikh Ibnu Athaillah As-Sakandar)

14. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang keempatbelas.

Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati.(Ali bin Husein)

15. Wejangan-Wejangan dari Para Sufi yang kelimabelas.

Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dzat yang menciptakan matahari.(Bediuzzaman Said Nursi)

Itulah beberapa Wejangan-Wejangan dari Para Sufi. Marilah kita saling mengingatkan sesama muslim dengan Wejangan-Wejangan dari Para Sufi, semoga dapat menjadi teladan dan dapat diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari.
author

Wejangan[dot]com

Author and Editor

All about sharing - Tidak bermaksud untuk menggurui ataupun mengajari. Mari belajar memahami informasi dan pengetahuan umum serta saling berpesan dalam hal kebaikan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • panda
  • disney
  • starbucks
  • cocacola
  • un
  • nba
  • Don't miss new products

    Subscribe here to get our newsletter in your inbox, it is safe and EASY!

    Copyright © Wejangan Hidup™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.