Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna


By on 08.30.00

Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna
Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna merupakan sebuah kata-kata yang tersusun indah, yang tersimpan didalamnya ada sebuah makna, memberikan sebuah pencerahan hidup atas cahaya yang dilahirkan dari kata-kata itu.


Dengan kehadiran Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna, maka diharapkan kehidupan akan semakin bergairah kembali, dan memacu motivasi untuk tetap bersemangat dalam segala hal yang dilalui dalam setiap detik-detik waktu yang senantiasa berputar tanpa kenal lelah.

1. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang pertama

Sempurnakanlah ikhtiar dan janganlah menjadi takabur manakala ikhtiar itu berbuah sukses karena sukses adalah karunia Allah semata.

2. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang kedua

Sabar dalam kesendirian adalah tanda kekuatan akal. Barang siapa yang merenungkan tentang Allah, ia akan menjauhi orang-orang yang mencintai dunia dan menginginkan apa yang ada di sisi Tuhannya

3. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang ketiga

“Kuwasiatkan lima hal kepadamu: (1) jika engkau dizalimi, jangan berbuat zalim, (2) jika mereka mengkhianatimu, janganlah engkau berkhianat, (3) jika engkau dianggap pembohong, janganlah marah, (4) jika engkau dipuji, janganlah gembira, dan (5) jika engkau dicela, kontrollah dirimu”.


4. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang keempat

Keluarlah dari dirimu dan serahkanlah semuanya pada Allah, lalu penuhi hatimu dengan Allah. Patuhilah kepada perintahNya, dan larikanlah dirimu dari laranganNya, supaya nafsu badaniahmu tidak memasuki hatimu, setelah itu keluar, untuk membuang nafsu-nafsu badaniah dari hatimu, kamu harus berjuang dan jangan menyerah kepadanya dalam keadaan bgaimanapun juga dan dalam tempo kapanpun juga.(Syekh Abdul Qodir al-Jaelani)


5. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang kelima

Kebijaksanaan orang lain sulit dipelajari, namun pengetahuan orang lain bisa untuk kita pelajari. Puasa Ramadhan, itu seperti cinta pertama, pada hari pertama rasanya gelisah, tetapi pada hari-hari akhir akan memberi kita kenyamanan.


6. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang keenam

“Tiga hal adalah kemuliaan dunia dan akhirat: memaafkan orang yang menzalimimu, menyambung tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya, dan sabar ketika engkau diperlakukan sebagai orang bodoh”.


7. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang ketujuh

“Waspadalah terhadap tiga orang: pengkhianat, pelaku zalim, dan pengadu domba. Sebab, seorang yang berkhianat demi dirimu, ia akan berkhianat terhadapmu dan seorang yang berbuat zalim demi dirimu, ia akan berbuat zalim terhadapmu. Juga seorang yang mengadu domba demi dirimu, ia pun akan melakukan hal yang sama terhadapmu.”


8. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang kedelapan

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup"


9. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang kesembilan

“Sesungguhnya pahala orang yang mengajarkan ilmu adalah seperti pahala orang yang belajar darinya, dan ia masih memiliki kelebihan darinya. Oleh karena itu, pelajarilah ilmu dari ahlinya dan ajarkanlah kepada saudara-saudaramu sebagaimana ulama telah mengajarkannya kepadamu”.


10. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang kesepuluh

Berteman dengan orang bodoh yang tidak mengikuti ajakan hawa nafsunya adalah lebih baik bagi kalian, daripada berteman dengan orang alim tapi selalu suka terhadap hawa nafsunya.


11. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang kesebelas

“Janganlah malas dan suka marah, karena keduanya adalah kunci segala keburukan. Barang siapa yang malas, ia tidak akan dapat melaksanakan hak (orang lain), dan barang siapa yang suka marah, maka ia tidak akan sabar mengemban kebenaran”.


12. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang keduabelas

“Doa yang paling cepat dikabulkan adalah doa seorang hamba untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya”.


13. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang ketigabelas

"Jika kamu mendengar berjangkitnya wabah penyakit menular di suatu negeri, janganlah kamu memasuki negeri itu, dan apabila wabah berjangkit sedang kamu ada di negeri itu, janganlah kamu keluar dari negeri itu" (HR. Bukhari)


14. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang keempatbelas

“Semua mata pasti akan menangis pada hari kiamat kecuali tiga mata: mata yang bangun malam di jalan Allah, mata yang menangis karena takut kepada-Nya dan mata yang tidak pernah melihat hal-hal yang diharamkan oleh Allah”.


15. Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna yang kelimabelas

“Silaturahmi dapat membersihkan amalan, memperbanyak harta, menghindarkan bala`, mempermudah hisab (di hari kiamat) dan menunda ajal tiba”.
Itulah beberapa Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna. Marilah kita saling mengingatkan sesama muslim dengan Wejangan (Kata Bijak) Penuh Makna ini.

Wejangan.com

All About Sharing - Berwasiat dan saling ingat-mengingatkan dalam hal kebaikan. Tiada maksud untuk menggurui ataupun mengajari.

0 komentar:

Poskan Komentar