Filled Under: ,

Tarian Sema (Whirling Dervishes), Tarian Turki

Knowledge offtopic
Tarian Sema (Whirling Dervishes)
Pengertian sufi
Tasawuf (Tasawwuf) atau Sufisme (bahasa arab: تصوف , ) adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memporoleh kebahagian yang abadi.

Asal mula tarian sufi 
Sejarah Whirling Dervishes disebut juga tarian sema atau Tarian Mawlana Rumi diperkenalkan oleh Mawlana Jelaluddin Rumi, lahir di Balkh antara tahun 1200 dan 1207. Tanura Dance diciptakan Rumi sebagai bentuk sebuah ekspresi dari rasa cinta, kasih, dan sayang yang maha tinggi dari seorang hamba kepada sang Robbii.

Tarian ini dikenalkan oleh tarekat yg didirikannya yaitu tarekat Maulawiyah. Dalam tarikat Maulawiyah irama musik digunakan sebagai media untuk Jadzab (hilang kesadaran diri karena daya tarik Illahi).

Musik ini adalah ungkapan ratapan duka cita orang yg terbelenggu, ingin kembali pada asal muasal sebagai makhluk langit, dulu dizaman azali. Kota Konya - Turki adalah kota Mawlana Jalaluddin Rumi memulai ajarannya. Di kota inilah Thariqat Mawlawiyah berkembang begitupula dengan Jalaluddin Rumi yang mendapatkan nama "Rumi" dari kota ini. Sampai sekarang Tarian Whirling Dervishes berkembang dan menjadi sejarah budaya di Turki.

Teknik tarian sufi 
Zikir Maulawiyah ini dimulai dg pembacaan ayat suci Al Qur’an dilanjutkan dg pembacaan doa-doa oleh pemimpin malejis dzikir, setelah itu salah seorang darwis menendangkan syair-syair rumi dan dimulailah ratapan dengan diiringi dawai, para murid mulai menari berputar (gerakan tubuh memutar berlawanan dg arah jarum jam-konon perputaran melawan arah jarum jam ini untuk menyatukan diri dengan sang pencipta) 

Pesta para sufi ini lahir manakala seorang Pencari Tuhan bertemu dengan Sang Kekasih Yang Maha Suci, ketika merasakan kasih yang ada dalam hati dan dalam diri meletup-letup, maka perasaan ini akan ditransfer menjadi energi gerak dalam bentuk menari. Tarian yang dilakukan adalah sebuah ekspresi untuk merayakan kehidupan. Konon, ketika menari seperti itu, para penari mengalami ekstase yang di kalangan para sufi dipahami sebagai tingkat pencapaian perasaan penyatuan dengan Tuhan. Bahkan, ada pula yang mengaku gerakan yang tercipta "seolah-olah" bukan dari diri si penari. Dari kasih inilah yang membuat seorang pencari seperti Rumi memiliki jiwa sangat lembut, dirinya tidak lagi bisa membenci atau melihat perbedaan suku, ras maupun agama.

Satu hal yg paling menarik adalah para penari-penari ini berputar terus-menerus tanpa berhenti selama berjam-jam dan gerekan mereka tetap seimbang, bahkan sampai tarian berhenti tidak membuat para penari oleng (kehilangan keseimbangan) karna akibat dari gerakan tubuh berputar itu. Kalau yang bukan ahli, dijamin tidak bisa tahan lama untuk berputar, yang ada akan jatuh karna pusing.

Yang menarik penontonnya bukan hanya orang-orang islam saja. Tetapi banyak turis-turis yang datang dari mancanegara untuk menyaksikan al-Tannoura Traditional Troup. Di antaranya, ada dari Italia, Spanyol, Yunani, China, dan negara yang lainnya.

Ketika sekarang sedang marak-maraknya perselisahan tentang peradaban, antara islam dan Barat. Maka, salah satu solusi penting untuk mengenalkan budaya tarian sufi kepada mereka. Karena dalam tarian itu, mengandung unsur kesufistikan dan sekaligus hiburan. Dimana, orang tidak melihat lagi unsur diskriminatip dalam tarian tersebut. Yang ada, malah hiburan yang mereka dapatkan. Walaupun, dalam isi bait-bait syairnya berisikan pengagungan terhadap Sang Maha Kuasa. 

Namun, mereka hanya bisa melihat unsur hiburan dalam tarian itu. Tetapi, pada dasarnya mereka bisa menikmatinya dengan baik. Ini sisi positifnya, untuk menggambarkan begitu damai dan indahnya islam bagi mereka. Tarian sufi bisa menjadikan solusi untuk sebuah kedamaian. Menerangkan ke Barat, bahwa islam dengan peradaban dan seninya bisa dinikmati dengan penuh ketenangan. Tidak harus dihantui perasaan takut, dan mengerikan sekeliling islam. Karena seni bisa dinikmati oleh semua kalangan. Tidak hanya khusus golongan-golongan tertentu. Dengan demikian, perdamaian bisa diciptakan dengan baik.

Lewat budaya tarian-tarian sufi. Di mana mereka tidak melihat lagi, peradaban islam yang mengerikan. Tetapi, mereka tertarik dengan peradaban islam yang kaya dengan seni budaya. Semoga, tarian sufi bisa membangkitkan peradaban islam. Yang penuh damai, penuh kecintaan, penuh persahabatan, dan penuh kasih sayang. Karena memang, pendahulunya mengajarkan seni itu untuk ilustrasi kasih sayang dan cinta. Terhadap Sang Pencipta yang Maha Tinggi. 

Note: orang wahabi pasti akan berkata seperti ini,
Kapan pula' nabi ada ngajarin tari tarian di Islam ini. Kalo mo nari belajar ama ahli budaya dan seni. Islam gak pernah ngajarin hal begituan.

Jawaban Bijak buat mereka: islam memang tidak pernah mengajarkan...tapi "wali-wali" yang membantu menyebarkan agama islam melakukan asimilasi budaya sehingga islam dapat berkembang pesat selama ini. 

Kalau di Indonesia kita mengenal Walisongo, banyak budaya-budaya seni yang diciptakan untuk menyebarkan agama yang penuh rahmat ini. Sampai sekarang pun itu tidak dianggap haram oleh MUI.

Kalau tidak ada mereka apakah kamu bisa menjamin kamu beragama Islam??? apa si pembuat wahabi itu yang menyebarkan islam lebih dulu dan benarkah yang dia bawa???????????

Kita yang sejak lahir beragama Islam seharusnya bersyukur....
karena perjuangan merekalah kakek, ayah dan keluarga kita Muslim......
dan karenanya para Wali takkan habis pahalanya karena telah menyebarkan agama ke seluruh dunia...
yang terpenting kita mesti bersyukur.....



Sumber: manusia-tanpa-cinta.blogspot.com
author

Wejangan[dot]com

Author and Editor

All about sharing - Tidak bermaksud untuk menggurui ataupun mengajari. Mari belajar memahami informasi dan pengetahuan umum serta saling berpesan dalam hal kebaikan.

4 komentar:

  1. saya memerlukan tarian SOFI untuk acara Pernikahan, mohon di bantu Telp/HP-nya

    Wass. Bambang E.P. beprakosa@yahoo.com

    BalasHapus
  2. keren blognya friends...tapi saya penasaran sama syair;syair pengiring tarian sema nya..hm..pasti indah banget...very nice blog...:)

    BalasHapus

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • panda
  • disney
  • starbucks
  • cocacola
  • un
  • nba
  • Don't miss new products

    Subscribe here to get our newsletter in your inbox, it is safe and EASY!

    Copyright © Wejangan Hidup™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.